GANTI REZIM GANTI SISTEM BANGUN PARTAI KELAS PEKERJA BANGUN SOSIALISME

Minggu, 29 Agustus 2010

Buruh Pabrik Rokok Malang Protes THR Diturunkan

Buruh Pabrik Rokok Malang Protes THR Diturunkan
Sabtu, 28 Agst 2010 20:18:11| Sospol | Dibaca 11 kali
Malang - Sedikitnya 500 buruh pabrik rokok PT Adi Bungsu di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu melakukan protes kepada perusahaan rokok tersebut, karena tunjangan hari raya (THR) pada tahun ini nilainya diturunkan.

Salah satu buruh, Alfiyah (31), mengatakan protes dilakukan para buruh setelah adanya pengumuman penurunan nilai THR yang dilakukan mandor.

"Ketika para buruh masuk pabrik untuk bekerja, Sabtu pagi, tiba-tiba mandor pabrik mengumumkan bahwa THR tahun ini turun dari Rp1,8 juta menjadi Rp1,1 juta," ucapnya mengungkapkan.

Alfiyah menjelaskan, setelah mendengar pengumuman tersebut, kemudian semua buruh yang berjumlah 500 keluar pabrik dan melakukan aksi protes di depan pabrik.

"Kami protes dengan mengadakan mogok kerja kalau tidak dituruti permintaan kami, yakni mengembalikan nilai THR seperti tahun lalu," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan, tuntutan para buruh meliputi supaya Fadhila yang juga kepala personalia PT Adi Bungsu diturunkan, lalu THR para buruh tidak diturunkan.

Sementara salah satu perwakilan pihak pabrik, Heri Sunarko, menjelaskan tuntutan para buruh akan dipenuhi dalam waktu dekat.

Untuk itu diharapkan supaya para buruh tetap tenang, sebab yang menjadi permintaan para buruh dalam waktu dekat akan dituruti pihak manajemen.

"THR tidak akan dikurangi yakni tetap Rp1,8 juta, sementara permintaan mundur Pak Fadhila akan dipenuhi juga, sebab Pak Fadhila sudah siap turun dari personalia," ujar Heri menegaskan.

Usai mendengar penjelasan Heru, kemudian para buruh mengakhiri aksinya dengan bubar secara sendirinya."Kedepan, pihak pabrik juga akan tetap menyesuaikan gaji serta THR para buruh dengan UMK Kota Malang," ujar Heri berjanji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar