GANTI REZIM GANTI SISTEM BANGUN PARTAI KELAS PEKERJA BANGUN SOSIALISME

Kamis, 16 September 2010

55 Buruh WRP Nginap di DPRD Sumut
Laporan Wartawan Tribun Medan/Adol Frian Rumaijuk
TRIBUN MEDAN/ADOL FRIAN RUMAIJUK

NGINAP - Puluhan buruh PT WRP yang melakukan aksi nginap di trotoar depan DPRD Sumut, Selasa (7/9/2010).
SELASA, 7 SEPTEMBER 2010 | 22:10 WIB
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejak tanggal 31 Agustus lalu, sebanyak 55 orang buruh WRP Buana Multi Corparat melakukan aksi nginap di depan kantor DPRD Sumatera Utara.

Aksi ini dilakukan untuk menuntut hak mereka sebagai buruh yang di PHK pada bulan Juni 2009 lalu secara sepihak. Tuntutan mereka adalah pesangon yang sesuai dengan undang-undang, atau mereka dipekerjakan kembali oleh perusahaan Malaysia milik Mr Lee Song Hong dan gajinya dibayar selama mogok kerja.

Koordinator Aksi, Marta Hutapea (35), mengatakan, setelah satu tahun tiga bulan ditelantarkan, buruh berharap pemerintah memperhatikan nasib mereka. Mereka tidak setuju dengan keputusan perusahaan, hanya memberi pesangon sebesar gaji satu bulan. Karena aturan itu tidak ada dalam perjanjian kerja.

“Kami akan tetap melanjutkan aksi sampai lebaran nanti jika belum mendapat tanggapan dari dewan. Kami menginginkan agar agar dipekerjakan kembali dan perusahaan mambayar gaji kami selama ini,” kata Marta di Gedung DPRD Sumut, Selasa (7/9).

Dalam aksi tersebut, buruh memasang tenda seadanya, dan memasak menggunakan kayu bakar di trotoar depan Gedung Dewan. Anak-anak mereka yang masih balita pun ikut menginap. 

Menurut Marta, aksi nginap ini ditanggapi oleh ketua DPRD Sumut, Saleh Bangun tanggal 1 September 2010 yang lalu. DPRD Sumut berjanji akan menindak lanjuti masalah ini, dan akan membentuk panitia khusus (pansus). Tapi hingga hari ini (7/9) belum ada pemberitahuan kepada buruh terkait terbentuknya pansus dan kapan rapat pansus diadakan.

"Kami belum tau siapa yang menjadi pansus, kami perlu tau juga. Jangan-jangan mereka malah menenggelamkan kasus ini," kata Marta. (*)

Tribun Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar