GANTI REZIM GANTI SISTEM BANGUN PARTAI KELAS PEKERJA BANGUN SOSIALISME

Sabtu, 02 Oktober 2010

Rakyat dan Kelas Buruh Eropa BANGKIT! (sebuah provokasi utk konsolidasi buruh Indonesia 4 Okt 2010)



29 September 2010: Menurut Comisiones Obreras (CCOO) dan Unión General del Trabajadores (UGT), dua konfederasi buruh utama di Spanyol, lebih dari 10 setengah tenaga kerja Spanyol atau 10 juta orang bergabung dalam pemogokan nasional 29 Sept.
Di Madrid antara 100.000-500.000 turun ke jalan pusat-pusat kota. Protes ini adalah protes terbesar yang harus dihadapi oleh Pemerintahan Partai Buruh Sosialis Spanyol (PSOE) sejak terpilihnya Presiden Jose Zapatero pada tahun 2004. Pemogokan benar-benar menghentikan transportasi darat sejak tengah malam, penutupan pertambangan di beberapa wilayah dan melakukan long march ke Madrid, pekerja otomotif pabrik GM, Ford, Citroen, Peugeot, Nissan, Seat, Volkswagen, Mercedes and Iveco shift malam menghentikan kerjanya. Pabrik-pabrik industri berat lainnya juga melakukan hal yang sama, termasuk buruh di pusat-pusat penyulingan minyak, Repsol, bahkan buruh-buruh Bank BBVA, Banco Santander, Banco Pastor dan Caixanova, serta elektronik seperti Alstom, Ercros, Pirelli, Delphi, Sony, dan juga Yamaha. Tak ketinggalan para pekerja media cetak dan eletronik berhenti melakukan penyiaran: Telemadrid, Canal Sur dan TV3. 80% kereta tercepat Spanyol berhenti beroperasi, 2/3 penerbangan dibatalkan


Mereka melawan kebijakan pengetatan anggaran dan undang-undang anti buruh pemerintah Zapatero. Kebijakan tersebut meliputi perubahan UU Ketenagakerjaan yang membolehkan para bos untuk menolak perjanjian kerja bersama (PKB), menghapus perlindungan hukum yg memudahkan pemecatan pekerja dengan memotong pesangon. Zapatero menyatakan: ia bersedia menerapkan pemotongan apapun yang diperintahkan Uni Eropa dan IMF tak perduli penderitaan sosial dan rakyat pekerja, yang 20% diantaranya sudah penganggur. Bulan May Pemerintahan PSOE memotong anggaran publik dan dana pensiun dan menaikkan usia pensiun menjadi 67 tahun.

Pemogokan pertama sejak 8 tahun menunjukkan kebangkitan militansi buruh Spanyol dan polarisasi sosial mendalam di negeri itu. Pemogokan juga menyerukan penyatuan seluruh perlawanan pekerja di seluruh negeri dan memperbaharui kekuatan perlawnaan mereka untuk berkemampuan melawan serangan dari kelas pemilik modal. banyak kaum muda berpartisipasi dalam perlawanan ini dengan yel-yel spontan seperti: HIDUP PERJUANGAN KELAS PEKERJA!

Pemogokan ini adalah bagian dari seruan pemogokan seluruh Eropa oleh Konfederasi Serikat Buruh Eropa (ETUC) melawan kebijakan serupa di seluruh Eropa. Di Brussel 100.000 orang terlibat dalam pemogokan serupa, dan protes lainnya terjadi di Yunani, Itali, Republik Irlandia, dan Latvia.

*Diperpendek dari tulisan Nick Everett-Direct Action.

Demonstrasi di Madrid
(Foto Nick Everett)
Demonstrasi di Brussel (foto Choon Kai)
Demonstrasi di Brussel (foto Choon Kai)
Demonstrasi di Brussel, kaum muda ambil bagian.
(foto choon Kai)
Demonstrasi di Madrid, kaum perempuan ambil bagian.
(foto Nick Everett)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar